Kamis, 12 Januari 2017

MATEMATIKA ADALAH BAHASA


MATEMATIKA ADALAH BAHASA

            Matematika ,jika kita bicara tentang  matematika pasti yang terlintas di kepala kita adalah rumus yang rumit,hitung-hitungan yang membuat kepala pening. Kebanyakan dikalangan anak-anak sekolah ,matematika menjadi momok yang  menjengkelkan  karena anggapan mereka matematika itu hanya ilmu yang membosankan yang hanya membahas angka dan sulit untuk dipecahkan. Untuk mengurangi anggapan anak-anak tentang  itu,penulis akan sedikit mengulas bahwa matematika bukan hanya membahas tentang hitung-hitungan dan angka saja melainkan dapat menjadi alat untuk ilmu-ilmu lainnya.
 Ada pendapat terkenal yang memandang matematika sebagai  ratunya dari ilmu-ilmu lain. Matematika sebagai  alat ilmu lain sudah cukup dikenal dan sudah tidak diragukan lagi,tidak cukup sampai disitu saja selain sebagai alat diberbagai ilmu di sejagad  raya matematika  merupakan bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan. Seorang ahli yang bernama Johnson dan Rising mengungkapkan bahwasanya matematika merupakan bahasa dimana penggunaan istilah dijelaskan dengan akurat dan teliti. Bahasa dapat kita ketahui adalah sebuah alat untuk berkomunikasi. Menyampaikan pesan sehingga maksud sumber informasi bisa sampai penerima informasi, syarat tersebut telah dipenuhi oleh matematika sebagai bahasa.
Kita perhatikan saja dalam  kehidupan sehari-hari, misal bahwasanya 1+2=3. Hal ini berlaku dimanapun dan kapanpun di dunia secara umum dan sudah melanglang buana di pemikiran anak-anak,dari situlah kita mampu memberi pengertian tentang matematika sebagai bahasa  yaitu semua simbol dalam matematika berlaku umum. Keseluruhan itu ditulis dalam bentuk bahasa matematika. Salah satu karaktristik matematika adalah matematika memiliki simbol kosong dari arti dari arti, hal ini memungkinkan matematika sebagai bahasa. Dalam matematika banyak sekali simbol yang digunakan baik berupa huruf maupun non huruf . rangkaian simbol-simbol dalam matematika dapat membentuk suatu model. Model matematika dapat berupa persamaan, pertidaksamaan, bangun geometri tertentu, dan sebagainya. Pembuktian alasan matematika bisa dikatakan sebagai bahasa yaitu pada zaman era modern ini, penggunaan bahasa matematika terdapat dalam kode ASCII  pada komputer yang sedang digunakan. Beberapa bahasa pemograman lain juga didasarkan pada matematika, termasuk logika matematika salah satunya.
 Dapat disimpulkan bahwa matematika merupakan bahasa ,dan alat dari ilmu-ilmu lain,berarti anggapan kita jika matematika hanya berpacu pada angka dan hitung-hitungan itu kurang tepat. Mari kita mencoba lebih dekat dengan matematika sehingga kita lebih mengetahui rahasia apa saja dan kelebihan apa saja yang tersimpan pada jati diri matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar